UNPAD Swicki

Saturday, March 31, 2007

Re: [ika-unpad-milis] "paun" alias pasar unpad

(For full text with comments please click on the title)

wah....wah....wah.........ternyata ada diskriminasi toh..........?he....he.......he.......kalo millis ini hanya buat alumni dan ada larangan buat mahasiswa berarti elitis dong????????
terlepas dari itu semua, fenomena PKL memang menjadi sebuah pertanda bahwa disitu ada "lahan uang" bagi para pedagang. nah disisi lain pihak unpad menganggap kehadiran para pedagang yang beraktivitas  di pasar unpad dianggap merugikan. salah satunya seperti yang dibilang oleh kang surya, rumput2 di taman ga bisa tumbuh karena di injak2 oleh baik pedagang maupun pengunjung paun.
tapi kalo kita melihat lebih dekat, para pedagang di paun ternyata telah terorganisir dan siap untuk berkomitmen dengan pihak unpad apabila akan ada regulasi yang lebih jelas mengenai keberadaan mereka. berdasarkan poling yang kami lakukan dengan responden pedagang di paun dan mahasiswa unpad di jatinangor, ternyata pasar unpad menjadi salah satu "lahan uang" baik itu pedagang yang benar-benar berprofesi sebagai pedagang atau mahasiswa yang berdagang.
hanya berdagang dengan durasi 6 jam dan hanya pada hari minggu, penghasilan mereka di paun dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarga mereka selama 3 hari.
kalau dalam satu keluarga pedagang tersebut (berdasar inventarisir dari asosiasi paun sebanyak 1087 orang) ada 4 orang, berarti paun yang hanya 6 jam dapat menghidupi kurang lebih 4288 orang untuk 3 hari. dapat dibayangkan berapa perputaran modal dalam paun tersebut.
kemudian dalam poling tersebut kita menemukan juga  perihal "retribusi" yang dikenakan oleh unpad. menurut bagian administrasi umum, unpad tidak pernah menginstruksikan "retribusi" secara legal. dalam poling kami hampir mayoritas responden kami menyatakan bahwa para pedagang membayar "retribusi" kepada unpad melalui orang-orang suruhan unpad. namun kita belum menelusuri kemanakah uang tersebu bermuara dan alokasinya untuk apa.
yang menjadi tuntutan pedagang adalah adanya dialog yang mempertemukan kedua belah pihak. karena sampai saat ini mereka belum mendapat kejelasan dari pihak unpad mengenai nasib mereka yang "menumpang" ditanah kita. bahkan isu relokasi paun sekarang berkembang ke arah tindakan yang bersifat represif.
 
matur nuwun


Be a PS3 game guru.
Get your game face on with the latest PS3 news and previews at Yahoo! Games.

__._,_.___
Community email addresses:
  Post message: ika-unpad-milis@yahoogroups.com
  Subscribe:    ika-unpad-milis-subscribe@yahoogroups.com
  Unsubscribe:  ika-unpad-milis-unsubscribe@yahoogroups.com
  List owner:   ika-unpad-milis-owner@yahoogroups.com

Shortcut URL to this page:
  http://www.onelist.com/community/ika-unpad-milis
Recent Activity
Visit Your Group
SPONSORED LINKS
Got Yodel?

Best Yahoo! Yodel

Give us your best

yodel and win!

Ads on Yahoo!

Learn more now.

Reach customers

searching for you.

Yahoo! Photos

Order Online

Pick up at Target

Start now

.

__,_._,___

0 comments:

Worth to Read :

 
Blogging Secret